Rabu, 22 Juli 2015

Deteksi kanker payudara kini bisa lewat air kencing

 Deteksi kanker payudara kini bisa lewat air kencing
Menurut studi terbaru, tim peneliti dari Jerman telah mengembangkan metode yang mampu mendeteksi kanker payudara melalui sampel urine. Studi ini telah diterbitkan di jurnal BMC Cancer.

Sebagaimana dilansir Redorbit (9/6), sistem baru tersebut didasarkan pada identifikasi molekul microRNA yang mengatur metabolisme seluler, yang sering ditemukan dalam berbagai bentuk sel kanker.

Materi genetik itu memasuki urine dari darah, dan dengan mengidentifikasi jumlah empat mRNA yang berbeda dalam urine; tim peneliti bisa mengetahui apakah subjek tes itu sehat atau sakit dengan presisi sebesar 91 persen.

Studi ini melibatkan 24 peserta yang sehat dan 24 wanita yang baru saja diidentifikasi memiliki tumor payudara pada tahap 1, 2, atau 3. Dalam sebuah siaran pers, para peneliti mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui tingkat efisiensi metode baru tersebut.

"Keuntungan besar dari metode kami adalah bahwa kita hanya perlu beberapa mililiter urine dan tidak ada darah, biarkan jaringan saja yang bekerja," kata Elmar Stickeler, kepala pusat penanganan kanker payudara di Universitas Freiburg.

Penemuan ini tentunya menjadi kabar gembira bagi semua wanita di dunia. Kini, deteksi kanker payudara bisa dilakukan dengan cara yang lebih simpel.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

harap dikoment yahh